Baitul Maal BMT TUMANG dan PBMT Maal Indonesia Salurkan Bantuan Banjir KALSEL

Antasan segra, kecamatan Mandastana kabupaten Barito Kuala, salah satu desa yg terletak di perbatasan antara kabupaten Banjar dan Batola. Untuk menuju lokasi ini, perjalanan relawan yg ditempuh kurang lebih 60 menit menggunakan KLOTOK (sebutan perahu kecil) oleh masyarakat sini. Lokasi yg kami tuju terletak di RT 6 RW 2, di lokasi ini belum ada listrik, adanya tenaga surya yg bisa didapat kalau cuaca panas. Kalau tidak ada panas maka penerangan mereka menggunakan lilin.

Sangat bahagia sekali ketika kami bawa lilin selain sembako yg kami kirim kelokasi ini. Jarak satu rumah dengan rumah yang lain tidaklah seperti dilingkungan kita yg sangat dekat bertetangga. Di RT ini, satu lajur sebutan orang sini dengan ukuran satu kilo hanya ada 3/2 rumah.

Haru dan bahagia tak terhingga, ketika kami sampaikan bahwa kami relawan dari PBMT Indonesia sampai Bu Siti yg merupakan Bu RT menangis karena bahagianya jauh-jauh datang ke sini dengan perjalanan yg begitu susah. “Ada bantuan lewat desa tapi relawan yg masuk ke sini ya baru mas-mas ini. Terima kasih ya mas”. Sambil mengusap air mata menggunakan jilbabnya.

Banjir di daerah ini memang kali ini terbesar, sebenarnya tiap hujan ya mesti banjir karena sini daerah rendah. Kalau musim kering mudah kebakar. Kalau hujan pasti banjir. Kami sudah 22 banjir merendam rumah kami, maka kami buat pangungung sampai tiga kali karena airnya naik terus. Sampai sekarang ini belum surut dan kami tidak mau ngungsi karena kalau di posko malah kita tambah sakit sebab berjubel banyak orang dimasa pandemi. Kata salah satu ibu yg kebetulan lagi dirumah bu RT.

Bantuan tahap pertama telah disalurkan Baitul Maal BMT TUMANG ke Kalimantan Selatan melalui PBMT Maal Indonesia. Mengingat banyak bencana yang terjadi di Indonesia, kami mengajak kepada seluruh orang baik untuk berpartisipasi membantu saudara kita melalui rekening Mualamat : 523 000 389 1 A.n KSPPS BMT TUMANG. Konfirmasi donasi dapat melalui Anastasya (0818 0971 8686).