BIDANG PEMBERDAYAAN EKONOMI

BIDANG PEMBERDAYAAN EKONOMI

POKUSMA

Pokusma adalah salah satu program pemberdayaan ekonomi yang diperuntukan bagi masyarakat/warga disekitar cabang BMT TUMANG yang tergolong dhuafa dan memiliki usaha. Dimana Baitul Maal akan memberikan pinjaman modal usaha sebesar Rp.1.500.000,- baik secara kelompok maupun perorangan dengan akad Qard. Selain diberikan modal usaha, para dhuafa juga diberikan pembinaan dan pendampingan usaha dengan harapan usaha yang dijalankan dapat berkembang sehingga dapat meningkatkan taraf hidup para dhuafa. Sehingga dengan adanya program ini, dapat mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi para dhuafa agar lebih berdaya.

Sampai saat ini (Oktober 2019) pokusma memiliki 100 anggota baik dalam kelompok maupun perorangan dengan berbagai macam usaha mikro seperti usaha kerajinan, makanan ringan, kelontong, pembibitan sayuran dan lain-lain. Para anggota binaan pokusma tersebar dibeberapa daerah diboyolali. Kami selalu melakukan evaluasi dan inovasi untuk perubahan pokusma yang lebih baik.

RUMAH PEMBERDAYAAN

    Rumah Pemberdayaan adalah program yang dibentuk sebagai bentuk edukasi/pembelajaran usaha bagi anggota pemberdayaan dan masyarakat umum. Selain itu, bertujuan untuk mencetak wirausahawan dari kalangan dhuafa, karena dalam teknisnya rumah pemberdayaan merupakan bentuk kerjasama antara baitul maal dengan pengelola usaha yang ditunjuk oleh baitul maal. Modal usaha berasal dari baitul maal dan pengelolaannya oleh pihak pengelola/mitra. Rencana kegiatan Rumah pemberdayaan 2020 adalah Pemberdayaan Kambing dengan metode penggemukan dengan target 4 kali penjualan dalam setahun. Diharapkan anggota pemberdayaan, masyarakat sekitar dan masyarakat umum dapat belajar dari Rumah Pemberdayaan untuk menjadikan Pemberdayaan Kambing dengan metode penggemukan menjadi alternative meningkatkan taraf hidup mereka.

    PROGRAM KELUARGA BERDAYA

    Di Boyolali banyak keluarga yatim dalam kondisi ekonomi yang berada di kelas menengah ke bawah. Baitu Maal BMT TUMANG selama ini memberikan bantuan berupa santunan untuk anak yatim dibeberapa daerah di Boyolali. Namun hal tersebut dirasa belum cukup untuk meringan beban hidup keluarga yatim. Kebutuhan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan masih belum terpenuhi secara layak. Kehilangan tulang punggung keluarga membuat keadaan ekonomi mereka menjadi kekurangan.

    Banyak diantara anak yatim yang kemudian harus dititipkan kepada sanak saudara karena tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka terutama dalam hal pendidikan. Selain itu, anak yatim juga kekurangan perhatian & memiliki waktu yang terbatas dengan sang ibu, hal ini dikarenakan ibu mereka harus bekerja. Jadi, Selain kekurangan dalam hal ekonomi para anak yatim juga kekurangan akan kasih sayang serta perhatian dari ibu mereka. Program ini dibentuk untuk membantu dan membimbing keluarga yatim agar dapat memiliki bisnis/usaha sendiri sehingga sang ibu bisa tetap mencari nafkah namun tetap memberi perhatian penuh kepada sang anak. Target program ini adalah keluarga yatim yang kondisi ekonominya kurang mampu dan siap dibina untuk berwirausaha.

    Tujuan Program

    1) Membuat keluarga yatim mandiri secara finansial, memiliki kondisi ekonomi yang stabil sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari hari, kebutuhan kesehatan dan pendidikan secara layak.

    2) Anak yatim mendapatkan banyak kasih sayang, perhatian dan waktu bersama sang ibu, karena dengan memiliki usaha/bisnis sendiri, sang ibu bisa mencari nafkah dengan tetap memberi perhatian penuh kepada sang anak.

    MEMBANGUN KELUARGA UTAMA

    Membangun Keluarga Utama adalah suatu program yang bertujuan untuk membina para pengelola maupun anggota agar terwujudnya keluarga utama yang berbasis Maqhosidu Syariah. Didalam MKU terpecah menjadi beragam program baik untuk pengelola maupun anggota.