BIDANG PENDIDIKAN

BIDANG PENDIDIKAN

BEASISWA PROGRESIF

Beasiswa Progresif adalah salah satu program beasiswa khusus untuk anak SMA/SMK sederajat yang kondisi ekonominya tergolong kurang mampu namun berprestasi. Penerima beasiswa ini harus melalui beberapa tahap seleksi seperti seleksi pemberkasan (nilai raport & essai), tes tertulis dan interview. Dimana para siswa yang berhasil lolos seleksi akan mendapatkan uang beasiswa sebesar 250.000/bulan selama satu tahun beserta pembinaan/pelatihan 3x kali dalam setahun. Dilaksanakan bulan September, April dan Juli.

Pelatihan dapat berupa seminar kependidikan, pelatihan entrepreneurship, literasi, scholarship, filantropis maupun dalam bentuk outbond dan jambore yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill serta mengenal potensi yang ada dalam diri para siswa. Selain itu terdapat bentuk pengkaryaan seperti terlibat kegiatan sosial yang diadakan oleh Baitul Maal. Saat ini (Oktober, 2019), jumlah siswa/siswi penerima beasiswa ini berjumlah 100 anak dari berbagai sekolah SMA/SMK di Boyolali, Salatiga, Andong, Solo, Kartasura, Klaten dan Delanggu. Penerima siswa ditahun ini merupakan peserta beasiswa gelombang III. Periode beasiswa gelombang III dimulai dari Agustus 2019-Juli 2020.

BEASISWA UMUM

Beasiswa umum meliputi beasiswa mitra sekolah. Beasiswa mitra sekolah adalah beasiswa yang diberikan kepada siswa/siswi SD, SMP dan SMP yang sekolahnya bermitra dengan kantor cabang BMT Tumang. Pencairan beasiswa mitra sekolah dilaksanakan 2x kali dalam setahun yaitu bulan Maret & September. Nominal untuk anak SD 200.000/anak, SMP dan SMA 250.000/anak. Kriteria penerima beasiswa ini adalah siswa-siswi dhuafa yang sekolahnya bermitra dengan cabang/yang dipilih oleh cabang.